jelaskan standar k3 (kesehatan dan keselamatan kerja) secara umum

Berikut ini adalah pertanyaan dari joni853 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan standar k3 (kesehatan dan keselamatan kerja) secara umum

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jelaskan standar k3 (kesehatan dan keselamatan kerja) secara umum?

Jawaban :

Standar kesehatan dan keselamatan kerja memiliki 5 bagian utama dalam standar internasional, meliputi :

  1. Kebijakan mengandung unsur-unsur kebijakan K3 dan partisipasi kerja. Hal itu adalah dasar dari system manajemen K3.
  2. Pengorganisasian (Organizing) mengandung unsur tanggung jawab dan akuntabilitas, kompetensi dan pelatihan, dokumentasi dan komunikasi. hal ini berguna untuk memastikan struktur manajemen di tempat, serta tanggung jawab yang diperlukan dialokasikan untuk memberikan kebijakan K3.
  3. Perencanaan dan implementasi (Planning and Implementation) mengandung unsur-unsur dari tinjauan awal, sistem perencanaan, pengembangan dan implementasi, tujuan K3 dan pencegahan bahaya.
  4. Evaluasi (Evaluation) mengandung unsur-unsur pemantauan dan pengukuran kinerja, investigasi cedera yang berhubungan dengan pekerjaan, sakit dan sehat, penyakit dan insiden, serta audit dan tinjauan manajemen. Hal itu menunjukkan bagaimana fungsi sistem manajemen K3 dan mengidentifikasi setiap kelemahan yang perlu diperbaiki.
  5. Tindakan Perbaikan mencakup unsur-unsur tindakan pencegahan dan perbaikan yang ditingkatkan secara terus-menerus. Hal tersebut menerapkan tindakan preventif dan korektif yang diperlukan, lalu diidentifikasi, dievaluasi, serta di audit pula. Hal ini juga menekankan perlunya perbaikan secara terus-menerus terhadap kinerja K3 melalui perkembangan kebijakan yang konstan, sistem dan teknik untuk mencegah dan mengendalikan cedera yang berhubungan dengan pekerjaan, kesakitan, penyakit, dan insiden.

Untuk mempelajari lebih jauh tentang fungsi K3 dapat dilihat pada link berikut ini : www.yomemimo.com/tugas/9550202

Dan untuk mempelajari lebih jauh tentang tujuan K3 dapat juga dilihat pada link berikut ini : www.yomemimo.com/tugas/14037421

Kode Soal : 7.10.3

Kelas : VII (1 SMP)

Mata Pelajaran : IPS

Kategori : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Kata Kunci, K3, Standar K3.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh TRIE23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 02 Dec 18