Sebuah musium harus dicat ulang karena usianya sudah cukup tua.

Berikut ini adalah pertanyaan dari shely1577 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebuah musium harus dicat ulang karena usianya sudah cukup tua. Ada 2 macam cat yang sedang dipertimbangkan untuk dipilih salah satu. Pertama adalah cat minyak yang harganya Rp. 52.000 / gallon dan yang kedua adalah cat latex yang harganya Rp 24.000 / gallon. Setiap gallon bisa mengecat 60 m2. Ongkos tenaga kerja adalah Rp 32.000 / jam. Dalam 1 jam bisa dicat 20 m2. Cat latex diperkirakan tahan 5 tahun dan cat minyak 8 tahun. Dengan I = 8 % manakah cat yang dipilih ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Museum harus dicat ulang karena sudah sangat tua. Ada dua jenis cat yang sedang dipertimbangkan untuk proyek ini. Yang pertama adalah jenis cat  minyak yang harganya satu galon adalah Rp. 52.000, sedangkan harga satu galon cat lateks adalah Rp 24.000 per galon. Setiap galon cat dapat menutupi 60 meter persegi. Biaya tenaga kerja per jam adalah Rp 32.000. Dalam satu jam bisa mengecat cat seluas 20 meter persegi. Cat lateks biasanya bertahan selama lima tahun, sedangkan cat minyak bertahansekitardelapan tahun (dengan i=8%). Maka cat yang dipilih adalah cat minyak karena pengeluaran biaya lebih hemat.

Penjelasan dengan langkah-langkah

Sola ini merupakan soal dari horizon perencanaan. Horizon perencanaan adalah jumlah waktu yang diperhitungkan dalam suatu rencana tertentu. Banyak perusahaan komersial menggunakan cakrawala perencanaan satu sampai lima tahun. Semakin lama jangka waktunya, semakin tidak pasti dan berisiko rencananya.

Solusi dalam mempertimbangkan cat mana yang harus dipilih yaitu dengan menggunakan deret seragam:

  • Untuk cat minyak

A = Rp 2.467 (A/P, 8%,8)

A = Rp 2.467 (0,1740)

A = Rp 429/m²

  • Untuk cat latex

A = Rp 2.000 (A/P, 8%,5)

A = Rp 2.467 (0,2505)

A = Rp 501/m²

Jadi dari hasil perbandingan deret seragam di atas, bahwa cat minyak lebih murah sehingga cat minyak dapat dipilih untuk dipakai.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang horizon perencanaan www.yomemimo.com/tugas/35356710

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ikarikayah dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 15 Sep 22