Terdapat dua pandangan mengenai pencetakan uang beredar. Salah satunya berpendapat

Berikut ini adalah pertanyaan dari nzahrraab4852 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Terdapat dua pandangan mengenai pencetakan uang beredar. Salah satunya berpendapat bahwa uang beredar ditentukan oleh otoritas moneter atau bank sentral. Jelaskan bagaimana uang beredar ditentukan oleh otoritas moneter!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Otoritas moneter atau bank sentral dapat menentukan jumlah uang beredar dengan mengatur jumlah uang yang dicetak dan dikeluarkan. Bank sentral dapat meningkatkan atau menurunkan jumlah uang beredar dengan meningkatkan atau menurunkan jumlah uang yang dicetak dan dikeluarkan. Bank sentral juga dapat mengatur jumlah uang beredar dengan mengatur tingkat suku bunga. Ketika tingkat suku bunga dinaikkan, bank sentral menarik uang dari sirkulasi dengan menaikkan tingkat suku bunga. Hal ini mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat. Sebaliknya, ketika tingkat suku bunga diturunkan, bank sentral menambah jumlah uang yang beredar di masyarakat dengan menurunkan tingkat suku bunga. Bank sentral juga dapat mengatur jumlah uang beredar dengan mengatur jumlah uang yang dicetak dan dikeluarkan. Bank sentral dapat meningkatkan atau menurunkan jumlah uang yang dicetak dan dikeluarkan untuk mengatur jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh naurotulfudzla dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 29 Jul 23