23. Perhatikan transaksi berikut! 1) Membeli laptop dan smartphone, 2)

Berikut ini adalah pertanyaan dari oktavianinuliaputri1 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

23. Perhatikan transaksi berikut! 1) Membeli laptop dan smartphone, 2) Membeli mi instan di warung terdekat. 3) Membeli bakso dan mi ayam. 4) Membeli alat-alat dapur. 5) Membeli sepeda motor. Transaksi yang tidak dikenakan PPN ditunjukkan pada nomor .... A. 1), 2), dan 3) D. 2), 4), dan 5) B. 1), 3), dan 4) E. 3), 4), dan 5) C. 2), 3), dan 4).​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Transaksi-transaksi yang dilakukan dan tidak akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah

  1. Membeli mi instan di warung terdekat
  2. Membeli bakso dan mi ayam
  3. Membeli alat-alat dapur.

Jawaban : C. 2), 3) dan 4).

Penjelasan:

Pada umumnya, semua barang dan jasa adalah barang dan jasa kena pajak, sehingga pertambahan nilai kecuali jenis barang dan  jasa yang dijelaskan dalam Pasal 4A PPN No. 8 Tahun 1983 dikenakan pajak (PPN). Barang dan jasa dan pajak penjualan barang mewah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009.

Jenis produk yang tidak tercakup oleh PPN, adalah

  1. Produk pertambangan atau  pengeboran yang ditambang langsung dari sumur meliputi:  Minyak mentah (crude oil) dan lain-lain.
  2. Kebutuhan dasar yang  dibutuhkan banyak orang
  3. Makanan dan minuman yang disediakan di hotel, restoran, pub, toko masak, dll. Termasuk makanan dan minuman, baik yang dikonsumsi di tempat maupun tidak, termasuk makanan dan minuman yang disediakan oleh katering atau jasa  katering.
  4. Uang, emas batangan,  surat berharga.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentang PPN pada: www.yomemimo.com/tugas/2471635

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 15 Jun 22