2 Proses replikasi merupakan pembentukan salinan pasangan rantai DNA baru

Berikut ini adalah pertanyaan dari netaaminda pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Proses replikasi merupakan pembentukan salinan pasangan rantai DNA baru dari rantai DNA yangsudah ada. Pembentukan pasangan DNA itu bersifat semi konservatif. Replikasi berlangsung
sebelum pembelahan sel. Replikasi diawali pengenalan situs inisiasi, pemisahan pilinan, dan
sintesis.
Sumber: htps://en.wikipedia.org/wiki/DNA#/media/File:DNA_replication_en.svg
a. Jelaskan mengapa setiap rantai DNA mendapatkan pasangan rantai baru yang memiliki urutan
nukleotida yang sesuai dengan setiap rantai lama?
b. Jelaskan perbedaan hasil akhir antara replikasi dan transkripsi

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  • Setiap rantai DNA mendapatkan pasangan rantai baru yang memiliki urutan nukleotidayang sesuai dengan setiap rantai lama karena adanyasintesis rantai nukleotida baru dari rantai nukleotida lama.
  • Perbedaan hasil akhir antarareplikasidan transkripsi yaitu hasil akhir transkripsi, RNA polimerase melepaskan hasil transkripsi RNA. Hasil akhir replikasi, dua DNA yang memiliki sifat yang sama, dan masing-masing tersusun atas rantai induk dan rantai baru yang terbentuk.

Pembahasan:

Sintesis protein adalah proses mengubah asam amino yang terdapat  menjadi protein pada tubuh. Adapun, peran DNA dan RNA memiliki keterlibatan dalam proses. Molekul DNA merupakan sumber pengkodean asam nukleat untuk menjadi asam amino yang menyusun protein – tidak terlibat secara langsung dalam proses. Sedangkan molekul RNA merupakan hasil transkripsi dari molekul DNA pada suatu sel. Kemudian  molekul RNA ditranslasi menjadi asam amino sebagai penyusun protein. Sintesis proteinterjadi di dalamribosom, ribosom merupakan organel sel yang memiliki ukuran kecil serta padat dalam sel. Ribosom menghasilkan protein yang non-spesifik atau sesuai dari mRNAyang ditranslasi.

Pelajari lebih lanjut

Mater tentang sintesis protein pada link www.yomemimo.com/tugas/13962859

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 18 Sep 22