9. Amerika Serikat, Swedia, Belanda, dan Prancis merupakan negara yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari ilyahsa9667 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

9. Amerika Serikat, Swedia, Belanda, dan Prancis merupakan negara yang menganut sistem ekonomi pasar/liberal. Berikut yang menunjukkan kelemahan dari sistem ekonomi pasar atau liberal adalah.....a. menumbuhkan inisiatif dan kreativitas antar masyarakat
b. menghindarkan kebebasan yang tidak terkendali
c. individu bebas memiliki sumber produksi
d. campur tangan pemerintah terlalu lemah
e. modal terpusat pada kelompok tertentu

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Salah satu jenis dari sistem ekonomi yang ada di suatu negara adalah sistem ekonomi liberal atau pasar. Pada sistem ekonomi liberalataupasaryang diterapkan olehPerancis, Belanda, Swedia,danAmerika Serikat, yang menjadi salah satu kelemahandari sistem ekonomi tersebut adalah(D) campur tangan pemerintah terlalu lemah.

Pembahasan

Pilihan (D) benar karena sistem ekonomi liberal adalah salah satu jenis sistem ekonomi yang menjunjung tinggi kebebasan dari masyarakat atau swasta dalam mengelola modal atau sumber daya yang ada di negara tersebut. Dengan adanya kebebasan tersebut, pemerintah cenderung sangat pasif terhadap kegiatan ekonomi yang terjadi di negara tersebut. Lemahnya campur tangan pemerintah ini bisa mendorong adanya kesenjangan ekonomi yang terlalu tinggi di negara tersebut dan juga bisa mendorong terjadinya penyalahgunaan kebebasan terhadap penggunaan modal dan sumber daya yang ada di negara tersebut.

Pelajari lebih lanjut

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 29 Sep 22