Seorang peneliti melakukan penelitian dengan cara mengelompokkan pendapatan masyarakat di

Berikut ini adalah pertanyaan dari rifkypanditfootball pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Seorang peneliti melakukan penelitian dengan cara mengelompokkan pendapatan masyarakat di suatu desa dengan kriteria: Rendah, Sedang, dan Sangat Tinggi. Kemudian dia juga mengumpulkan data tentang usia masyarakat tersebut. Dengan menggunakan skala pengukuran data, klasifikasikan dua data yang didapatkan peneliti tersebut!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kriteria rendah, sedang, dan sangat tinggidigunakan olehpeneliti dalam mengelompokkantingkat pendapatan masyarakatdi suatu desa. Kemudian, untuk mengumpulkan data mengenai usia dari masyarakat peneliti juga menggunakan ukuran data angka yang jelas. Dua data yang didapatkan oleh peneliti adalah:

  • Kualitatif: jenis data yang berisikan kriteria rendah, sedang, dan juga sangat tinggi pada tingkat pendapatan masyarakat.
  • Kuantitatif: jenis data berupa angka pasti yang berupa umur dari masyarakat.

Pembahasan

Pengambilan data adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dalam pembuatan suatu penelitian atau penulisan karya ilmiah. Suatu data bisa dibedakan menjadi data primer dan juga data sekunder. Data juga bisa dibedakan dari skala yang digunakan untuk mengukur data tersebut. Secara sederhana, data kualitatif adalah jenis data yang tidak berupa angka dan diintepretasikan dengan menggunakan kata-kata. Sedangkan, data kuantitatif adalah jenis data yang berupa angka pasti. Salah satu keuntungan dari penggunaan data kuantitatif adalah hasil dari penelitian sangat jelas dan juga tidak bisa disanggah karena bersifat eksak dan objektif.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang langkah pembuatan proposal www.yomemimo.com/tugas/2547770
  2. Materi tentang karakteristik karya ilmiah www.yomemimo.com/tugas/10330522
  3. Materi tentang fungsi karya ilmiah www.yomemimo.com/tugas/20427661

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: B. Indonesia

Bab: 12 - Menulis Karya Ilmiah

Kode: 9.1.12

#AyoBelajar #SPJ2 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 18 Jan 23