2. Seiring perkembangan zaman Kurikulum IPS SD di Indonesia semakin

Berikut ini adalah pertanyaan dari devanaji690 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Seiring perkembangan zaman Kurikulum IPS SD di Indonesia semakin lama semakin berkembang danmempunyai ciri karakteristik tersendiri di setiap kurikulum. Analislah beberapa perbedaan yang terdapat
dalam kurikulum IPS SD Tahun 1994 dan Kurikulum IPS SD Tahun 2006 (KTSP)

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut ini adalah perbedaan penerapan Kurikulum IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Tahun 1994 dan Tahun 2006 (KTSP).

  • Kurikulum IPS SD Tahun 1994. Mata pelajaran di kurikulum ini ditata lebih terpadu dan lebih sederhana daripada materi Kurikulum IPS di  sebelumnya seperti Tahun 1986 dan 1975, dimana kurikulum tersebut masih berdiri sendiri-sendiri. Materi Kurikulum 1994 memiliki toleransi antara berbagai disiplin ilmu penunjangnya dan menekakan pada moral. Maka, dari itu pada kurikulum ini PMP berganti menjadi PPKN.
  • Kurikulum IPS SD Tahun 2006 (KTSP). Kurikulum ini memiliki karakteristik tersendiri dalam menganut pokok bahasan, Standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang jauh lebih sederhana dengan jam pelajaran yang relative lebih sedikit. Pada kurikulum ini memberikan kesempatan pada guru untuk berkreasi dalam mengembangkan kurikulum yang mengacu pada pembelajaran IPS yang lebih PAKEM dan Kurikulum 2006 ini lebih simpel dan efektif.

Pembahasan:

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bukan tergolong sebagai disiplin ilmu, melainkan sebagai suatu program pengajaran mata pelajaran yang mempelajari kehidupan sosial yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial seperti ilmu sejarah, ilmu geografi, ilmu ekonomi, dan ilmu sosiologi.

Tujuan dari membelajaran Ilmu pengetahuan sosial adalah untuk membina perserta didik menjadi warga negara yang baik dalam memiliki pengetahuan, keterampilan dan kepedulian sosial yang sangat berguna bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat dan negara.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Kurikulum di Indonesiadapat disimak diwww.yomemimo.com/tugas/3777707

#BelajarBersamBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Syubbana dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 03 Aug 22