Beri contoh perbandingan pendapatan perkapita indonesia dengan singapura,indonesia dengan malaysia,indonesia

Berikut ini adalah pertanyaan dari rifdarabbani1214 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Beri contoh perbandingan pendapatan perkapita indonesia dengan singapura,indonesia dengan malaysia,indonesia dengan jepang!​.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pendapatan per kapita merupakan gambaran dalam mengukur tingkat kesejahteraan masyakat. Besaran pendapatan per kapita negara - negara di soal yaitu:

  1. Indonesia dan Singapura: 4.349,5 : 59.797
  2. Indonesia dan Malaysia: 4.349,5 :  10.360,1
  3. Indonesia dan Jepang: 4.349,5 : 20,128.854

Pembahasan:

Pendapatan per kapita merupakan indikator atau ukuran tingkat kesejahteraan masyarakat suatu negara. Pendapatan per kapita dengan demikian adalah pendapatan  total  negara dibagi dengan total populasinya, yang memberi kita pendapatan rata-rata populasi.

Semakin tinggi nilai pendapatan per kapita suatu negara,  semakin sejahtera masyarakatnya. Sebagai contoh, pendapatan per kapita di Indonesia masih relatif rendah  dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Setiap negara menggunakan instrumen ekonomi tertentu untuk mengukur tingkat produktivitas dan kesejahteraan, dan pendapatan per kapita adalah salah satunya. Dalam konteks ekonomi, pendapatan per kapita adalah jumlah uang aktual yang diperoleh seseorang di suatu negara dan mencerminkan bagaimana kegiatan ekonomi mereka dilakukan dalam skala mikro.

Di tingkat internasional, Pendapatan per kapita adalah ukuran untuk menentukan kelas suatu negara, menunjukkan apakah itu berkembang, setengah baya, terbelakang, atau terbelakang.

Pendapatan per kapita negara memiliki beberapa fungsi. Lihat uraian fungsi pendapatan per kapita di bawah ini.

  1. Pengetahuan tentang kemakmuran bangsa-bangsa dan masyarakatnya.Fungsi pendapatan perkapita adalah untuk mengetahui kekayaan negara dan rakyat. Ini karena pendapatan nasional dihitung dalam pendapatan per kapita. Mengukur kelancaran kegiatan ekonomi negara
  2. Bagaimanapun juga, pendapatan suatu negara  tidak dapat dipisahkan dari berbagai kegiatan ekonomi. Adanya pendapatan perkapita memungkinkan negara untuk menilai hasil kegiatan ekonomi yang  dilakukan.  Mencerminkan  kondisi  ekonomi masyarakat dan negara pada titik waktu tertentu.
  3. Negara pasti membutuhkan informasi tentang hasil kegiatannya dan keadaan ekonominya. Oleh karena itu, fungsi pendapatan per kapita adalah untuk mencerminkan kondisi ekonomi masyarakat dan negara pada suatu titik waktu tertentu.  Dasar untuk keputusan kebijakan masa depan
  4. Salah satu fungsi pendapatan per kapita akan menjadi dasar pengambilan keputusan kebijakan di masa yang akan datang.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang struktur teks deskripsi dapat dipelajari pada link www.yomemimo.com/tugas/3819605

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 20 Nov 22