1. Jelaskan Pengertian Dasar Administrasi Publik dan Apa Pentingnya Studi

Berikut ini adalah pertanyaan dari cansiyumvita pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Jelaskan Pengertian Dasar Administrasi Publik dan Apa Pentingnya Studi Administrasi Publik!2. Jelaskan Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu-ilmu lainnya!
3. Jelaskan Pengertian dari Organisasi Publik dan Pengertian Manajemen Publik!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut ini yang menjadi dasar studi Administrasi Publik serta peran pentingnya :

1. Ilmu Administrasi Publik atau Ilmu Administrasi Negara merupakan ilmu atau bahasan sosial yang mempelajari elemen elemen penting yang berkaitan dengan urusan negara serta hal hal yang berkaitan dengan publik. Dengan kata lain Administrasi Publik merupakan hal hal yang berkaitan dengan masyarakat seperti melaksanakan, mengurusi serta melakukan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini mengakibatkan administrasi publik sangat memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat, seperti urusan pelayanan mengurus surat, mempermudah suatu pekerjaan, serta mempermudah suatu proses birokrasi dan yang lainnya.

2. Ilmu administrasi memiliki hubungan dengan ilmu ilmu sosial lainnya karena sama sama bertujuan untuk masyarakat, yang diantaranya ialah :

a. Hubungan Administrasi Publik dengan Sosiologi, dimana Sosiologi mempelajari tentang kehidupan masyarakat yang sangat berkaitan dengan Administrasi Publik. Hal ini menyebabkan sosiologi yang menjadi penunjang berjalannya administrasi publik yang ditujukan untuk kehidupan bermasyarakat.

b. Hubungan Administrasi Publik dengan Ilmu Ekonomi, ilmu ekonomi pada hal ini menjadi salah satu penunjang terjadi administrasi publik yang baik, dimana ilmu ekonomi ini membahas mengenai kebutuhan manusia atau makhluk hidup yang sangat banyak diantara alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya sangat terbatas. Hal ini mengakibatkan kedua ilmu ini memiliki hubungan dalam hal tersebut yang mana sesuai dengan prinsip dan tujuan administrasi publik yaitu mensejahterakan kehidupan masyarakat berdasarkan kebutuhannya.

3. Organisasi Publik ialah perkumpulan atau persekutuan antara dua orang atau lebih secara formal yang berkenaan dengan masyarakat serta memiliki tujuan bersama yang telah ditentukan. Organisasi publik juga sering disebut dengan sebutan Organisasi Pemerintahan. Sedangkan manajemen publik ialah ilmu cabang administrasi publik yang mempelajari tentang pengelolaan, perencanaan, pelayanan segala kegiatan keorganisasian yang berhubungan dengan sumberdaya manusia dan kehidupan bermasyarakat.

Pembahasan:

Administrasi ialah proses pencatatan, dan penyusunan data atau informasi yang disusun secara sistematis guna memudahkan dalam memperolehnya kembali. Ilmu Administrasi Publik atau Ilmu Administrasi Negara merupakan ilmu atau bahasan sosial yang mempelajari elemen elemen penting yang berkaitan dengan urusan negara serta hal hal yang berkaitan dengan publik. Administrasi publik memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau orang banyak dalam suatu daerah maupun negara.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi :

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 03 Aug 22