1. Definisi ilmu ekonomi telah banyak dikemukakan, salah satunya oleh

Berikut ini adalah pertanyaan dari lunapertiwi771 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Definisi ilmu ekonomi telah banyak dikemukakan, salah satunya oleh professor P.A. Samuelson, salahseorang ahli ekonomi yang terkemuka didunia yang menerima hadiah Nobel ilmu ekonomi pada tahun
1970, memberikan definisi ilmu ekonomi sebagai berikut yaitu: Ilmu ekonomi adalah suatu studi
mengenai individu-individu dan masyarakat dalam membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan
uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas.
Dalam memperoleh sesuatu yang kita suka, kita umumnya harus menyerahkan hal lain yang juga kita
suka, dan dalam menentukan keputusan tersebut menyebabkan terjadinya trade off (pertukaran
kepentingan)
Berdasarkan pada konsep tersebut analisis lah pilihan dalam sebuah perusahaan antara lingkungan
bersih dan pendapatan tinggi
Jika dalam suatu kondisi regulasi pemerintah mengharuskan perusahaan mengurangi polusi/limbah
industri, analisis lah hal-hal dibawah ini:
a. Apakah yang terjadi pada biaya produksi barang/jasa?
b. Apakah yang terjadi pada harga barang/jasa?
c. Apakah berdampak pada gaji karyawan?
d. Bagaimanakah dampaknya terhadap lingkungan? Dan apakah pengaruhnya pada pemilik
perusahaan, karyawan dan pelanggan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berdasarkan pengertiandariilmu ekonomimenurutP.A. Samuelsondan adanyaregulasi pemerintahyangmewajibkanperusahaan untukmengurangi polusi atau limbah, berikut adalah hasil analisis terhadap beberapa aspek yang ada pada perusahaan:

  • Biaya produksi: dengan adanya regulasi pemerintah untuk mengurangi polusi dan juga limbah, maka perusahaan harus menciptakan sistem yang bisa mengolah limbah yang ada pada perusahaan tersebut. Adanya sistem baru ini akan menciptakan kenaikan pada biaya produksi dari suatu barang atau jasa.
  • Harga barang: dengan adanya peningkatan pada biaya produksi yang ada pada perusahaan, maka harga dari barang atau jasa tersebut juga akan mengalami peningkatan karena perusahaan harus bisa menutupi biaya produksi tersebut dengan penjualan barang ata jasa tersebut.
  • Gaji karyawan: selama jumlah penjualan masih bisa dipertahankan oleh perusahaan, seharusnya gaji karyawan tidak akan berubah, baik meningkat ataupun menurun.
  • Lingkungan: lingkungan akan menjadi jauh lebih baik dan juga lebih lestari karena berkurangnya tingkat polusi yang dihasilkan oleh kegiatan industri di mana kegiatan industri menjadi salah satu penyumbang polusi paling besar di dunia.
  • Pemilik perusahaan: pemilik perusahaan harus menyanggupi aturan pemerintah tersebut karena pada dasarnya memang setiap limbah yang ada perusahaan tidak boleh merugikan masyarakat sekitar.
  • Karyawan: karyawan harus merespon regulasi tersebut dengan positif karena pengurangan polusi dan limbah ini akan membawa manfaat dalam jangka panjang.
  • Pelanggan: adanya kenaikan harga pada barang bisa membuat pelanggan akan mempertimbangkan untuk membeli barang atau jasa tersebut. Untuk menyikapi hal ini, perusahaan harus bisa meningkatkan kualitas dari barang atau jasa yang diberikan.

Pembahasan

Kebijakan pemerintah adalah salah satu bentuk dari lingkungan eksternal yang ada pada perusahaan karena kebijakan pemerintah ini bisa mempengaruhi kegiatan perusahaan. Namun, kebijakan pemerintah ini harus bisa diikuti oleh pemerintah karena adanya etika bisnis dan juga hukum bisnis yang diberlakukan di suatu negara. Perubahan pada kebijakan pemerintah ini harus bisa disikapi dengan cepat sehingga perusahaan memang harus memiliki sikap adaptif terhadap setiap perubahan yang terjadi pada lingkungan bisnis.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang faktor penyebab adanya lingkungan bisnis yang dinamis www.yomemimo.com/tugas/18248355
  2. Materi tentang manfaat analisis lingkungan bisnis www.yomemimo.com/tugas/16533625
  3. Materi tentang pengaruh lingkungan global terhadap bisnis www.yomemimo.com/tugas/16925990

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: 6 - Konsep Manajemen

Kode: 10.12.6

#AyoBelajar #SPJ2 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 03 Aug 22