5. Ada hubungan erat antara nilai dan sikap, bahkan ditegaskan

Berikut ini adalah pertanyaan dari devanaji690 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

5. Ada hubungan erat antara nilai dan sikap, bahkan ditegaskan bahwa “nilai itu menyebabkan sikap”.Berdasarkan pernyataan singkat tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap akibat sistem nilai yang dianut
seseorang. Jelaskan dan berilah contoh keterkaitan antara nilai dan sikap dalam kurikulum IPS SD
KTSP 2006 di kelas tinggi!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Nilai adalah sebuah dasar pertimbangan buat seorang menyikapi sesuatu hal, sedangkan sikap adalah sebuah reaksi yang dilakukan seorang terhadap sesuatu yang banyak ditentukan sang nilai-nilai serta moral yang dianutnya. Pada dasarnya nilai atau moral yang dianut seseorang akan menentukan bagaimana orang tersebut akan mengambil sikap terhadap sesuatu hal. Sikap seseorang merupakan perwujudan berasal nilai atau moral dari orang tersebut.

Pembahasan:

Merupakan sangat krusial bahwa pendidikan nilai atau moral diajarkan sedini mungkin pada siswa pada tingkat SD. Pendidikan nilai atau moral ini usahakan dilakukan waktu masih muda karena semakin berumur seorang akan semakin sulit untuk dibentuk karena sudah poly terpengaruh dari lingkungannya. Di hakekatnya, pendidikan nilai yang terbaik artinya dilakukan di taraf keluarga sejak dini sebelum seseorang anak tumbuh dewasa.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang :

Penjelasan tentang Contoh-contoh Sikap dan Nilai Pancasila pada www.yomemimo.com/tugas/31424537

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 03 Aug 22