Bagaimana cara mengantisipasu penyebab umum dan penyebab khusus dalam statistic

Berikut ini adalah pertanyaan dari safei9752 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bagaimana cara mengantisipasu penyebab umum dan penyebab khusus dalam statistic quality control

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Proses produksi untuk menghasilkan sejenis output sulit menghindari terjadinya variasi pada proses.Gaspersz mendefinisikan variasi sebagaikecenderungan dalam sistem produksi atau operasional sehingga perbedaan dalam kualitas pada output (barang dan jasa yang dihasilkan).

Pembahasan

Pada dasarnya dikenal dua sumber atau penyebab timbulnya variasi, yaitu variasi penyebab khusus dan variasi penyebab umum.

Variasi penyebab khusus adalah kejadian-kejadian di luar sistem yang mempengaruhi variasi dalam sistem.Penyebab khusus dapat bersumber darimanusia, material, lingkungan, metode kerja, dan lain-lain. Penyebab khusus mengambil pola-pola non acak sehingga dapat diidentifikasikan/ditemukan. Jenis variasi ini sering ditandai dengan titik-titik pengamatan yang melewati atau keluar dari batas-batas pengendalian yang didefinisikan.

Variasi penyebab umum adalah faktor-faktor didalam sistem atau yang melekat pada proses yang menyebabkan timbulnya variasi dalam sistem serta hasil-hasilnya. Penyebab umum sering disebut juga penyebab acak (random causes) atau penyebab sistem (system causes). Jenis variasi ini sering ditandai dengan titik-titik pengamatan yang berada dalam batas-batas pengendalian yang didefinisikan.

Cara mengantisipasi penyebab umum dan penyebab khusus dalam statistic quality control adalah dengan menggunakan Peta P. Peta ini dimaksudkan untuk menghilangkan variasi tidak normal melalui pemisahan variasi yang disebabkan oleh penyebab khusus (special causes variation) dari variasi yang disebabkan oleh penyebab umum (common causes variation).

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian statistik www.yomemimo.com/tugas/1959221

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh melisa990 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 30 Mar 23