sebutkan dan jelaskan 3 kebijakan moneter yang dilakukan oleh bank

Berikut ini adalah pertanyaan dari Alfianaa pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan dan jelaskan 3 kebijakan moneter yang dilakukan oleh bank sentral!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kelas : XI
Pelajaran : Ekonomi
Kategori : Kebijakan Moneter
Kata Kunci : Bank Sentral


Berikut adalah kebijakan-kebijakan moneter yang dilakukan oleh bank sentral

a. Kebijakan Politik Diskonto (Discount Policy), merupakankebijakan dengan pengaturan jumlah uang yang beredar dengan memainkan tingkatbunga bank sentral pada bank umum.


b. Kebijakan Operasi pasar terbuka (Open Market Operation),merupakan kebijakan moneter yang dilakukan oleh Bank Sentral dengan menjualatau membeli surat-surat berharga baik milik pemerintah maupun swasta dengantujuan mengurangi cadangan umum dari bank umum sehingga jumlah uang yang beredardi masyarakat akan turun.


c. Kebijakan mengubah cash ratio, merupakan kebijakan denganmengubah angka perbandingan minimum antara uang tunai yang dimiliki oleh bankumum dengan jumlah uang giral, misalnya cek dan giro yang boleh dikeluarkanoleh bank yang bersangkutan.


d. Kebijakan perubahan cadangan minimum gunamemengaruhi jumlah uang yang beredar.


e. Kebijakan Devaluasi merupakan kebijakan bank sentraluntuk menurunkan nilai mata uang dalam negeri terhadap mata uang asing gunamemperbaiki neraca perdagangan dan neraca pembayaran.


f. Kebijakan revaluasi adalah kebijakan bank sentralmenaikkan nilai mata uang dalam negeri terhadap mata uang asing.


g. Kebijakan Sanering merupakan kebijakan bank sentral untukmemotong nilai mata uang dalam negeri ketika suatu negara mengalami hiperinflasi(inflasi di atas 100 %).


h. Kebijakan kredit selektif merupakan kebijakan yang ditujukan gunamengawasi apakah kredit yang diberikan oleh bank umum sesuai dengan keinginanpemerintah ataukah tidak.


i. Kebijakan menarik atau memusnahkan uang lama dalam rangkamengurangi jumlah uang beredar.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 09 Sep 14