5 contoh kongkrit keterampilan atau keahlian dari manager

Berikut ini adalah pertanyaan dari ramaaditya3546 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

5 contoh kongkrit keterampilan atau keahlian dari manager

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Ketrampilan Manajemen yang Harus Dimiliki Manajer

Agar memahami bagaimana proses manajemen bisa berjalan dengan baik, maka seorang manajer harus memiliki skill berikut ini, yaitu:

1. Ketrampilan konseptual

Hal ini terkait dengan kemampuan dalam membuat konsep, ide dan menyampaikan gagasan untuk kemajuan perusahaan.

Ide-ide tersebut dituangkan dalam rencana kegiatan atau sering disebut rencana kerja.

Selain itu manajer hendaklah juga memiliki visi ke depan, misi yang jelas, program kerja yang aktual, serta menjaga competitive advantage dalam organisasi.

2. Ketrampilan komunikasi

Seorang manajer harus mampu berinteraksi dengan baik dengan banyak orang. Saat berkomunikasi dengan bawahan, maka dia harus dapat berkomunikasi secara persuasif dan bersahabat.

Ketika berkomunikasi dengan rekan kerja harus saling menghormati dan saat berkomunikasi dengan jajaran manajemen dan konsumen, dia harus dapat melayaninya dengan baik.

Menjaga komunikasi yang baik dengan semua orang akan mendorong orang-orang disekitarnya menjadi tim terbaiknya.

3. Ketrampilan teknis

Memiliki kemampuan dalam bidang informasi teknologi atau bidang lainnya merupakan keunggulan atau nilai lebih bagi seorang manajer.

Memiliki ketrampilan teknis merupakan bekal yang harus dimiliki oleh seorang manajer, sehingga dia tidak hanya memahami konsep, namun juga dapat menciptakan efektivitas dan efisiensi.

4. Ketrampilan manajemen waktu

Seorang manajer harus mampu mengalokasikan waktu untuk mendapatkan hasil yang optiomal. Kemampuan ini akan diuji pada saat menyusun rencana sebuah project, dimana tidak hanya masalah manajemen waktu saja yang harus diperhatikan, tapi juga membuat skala prioritas.

5. Ketrampilan membuat keputusan

Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan dapat meninjau secara komprehensif, termasuk memberikan solusi dalam memecahkan masalah adalah ketrampilan yang harus dimiliki setiap manajer.                    

                       

(BONUS)

Cara Menjadi Manajer yang Baik =

Berikut beberapa hal yang harus dimiliki agar menjadi manager yang baik :

1. Punya rasa peduli

Dalam sebuah tim kita tidak hanya sekedar bekerja agar proyek berjalan lancar, tetapi sebagai manajer kita juga harus memastikan agar setiap anggota merasa enjoy.

Mulailah sebagai seseorang yang peduli kepada orang lain, karena terkadang sebagian anggota merasa sungkan dalam menyampaikan keluhannya kepada atasan/manajernya.

Oleh karena, untuk menjadi manager yang baik kamu dituntut untuk lebih peduli dan bersikap aktif dalam tim.

Seorang manajer sudah seharusnya memberikan influence positif seperti ini.

2. Siap menjadi mentor bagi bawahan

Mungkin sebagai mana orang tahu, tugas utama manajer adalah me-manage setiap pekerjaan tim, namun seorang menejer juga perlu menjadi mentor yang baik.

Dengan jam kerja yang sudah tinggi serta pengalaman yang cukup dibandingkan dengan para junior, sudah seharusnya seorang manajer membagi ilmu dan mengajarkan anggota tim lainnya.

Jangan biarkan anggota tim merasa kesulitan.

3. Komunikasi skill yang baik

Komunikasi merupakan salah satu kunci utama untuk menjadi manajer yang baik. Jika tidak ada komunikasi, pastinya pekerjaan tidak akan selesai sesuai ekspektasi.                      

Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Binsar12322 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 05 Jan 22