Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak pernah lepas dari kebutuhan dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari khalimahsadiyah19 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak pernah lepas dari kebutuhan dan proses komunikasi. Sebutkan bentuk komunikasi yang sering Anda lakukan, kemudian identifikasi mulai dari pengirim, penyampaian pesan, saluran komunikasi yang digunakan, penerima pesan dan umpan balik. Identifikasi juga hambatan yang muncul dalam komunikasi tersebut.Ada dua bentuk komunikasi dalam dunia bisnis, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal. Sebutkan keunggulan dan kelemahan dari kedua bentuk komunikasi tersebut. Dan jelaskan mengapa komunikasi non-verbal jauh lebih unggul dan dipercaya dibandingkan dengan komunikasi verbal.
Sebutkan beberapa keterampilan khusus yang diperlukan dalam komunikasi bisnis.
Jika Anda seorang direktur dari sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang telekomunikasi sedang berencana untuk mengembangkan perusahaan di negara lain. Dalam kaitannya dengan masalah budaya menurut Anda sebagai seorang direktur, apa saja yang perlu diantisipasi agar perusahaan mampu menangani berbagai permasalahan yang berhubungan dengan budaya agar komunikasi bisnis dan kegiatan bisnis dalam perusahaan Anda berjalan dengan lancar dan baik.
Sebutkan beberapa hal yang dirancang dalam proses perencanaan pesan-pesan bisnis dan pengorganisasian pesan-pesan bisnis.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

**Kelebihan komunikasi verbal :

1. Komunikasi dapat di sampaikan melalui tulisan maupun lisan

2. komunikasi verbal dapat digunakan untuk membahas kejadian masa lalu,( ide atau abstraksi)

3. komunikasi menggunakan kata" akan lebih mudag dipahami daripada menggunakan isyarat (gerak tubuh) ataupun ekspresi wajah.

**kekurangan komunikasi verbal :

1. adanya keterbatasan jumblah kata yang tersedia untuk mewakili objek.

2. kata" mengandung bias budaya.

3. diperlukan banyak waktu untuk mengungkapkan pikiran kita secara verbal, oleh karenanya dari segi waktu, pesan verbal sangat tidak efisien.

4. kata" yang d sampaikan dalam percakapan hanya membawa sebagian dari pesan.

**kelebihan komunikasi nonverbal:

1. Perasaan dan emosi lebih cermat d sampaikan lewat pesan nonverbal daripada pesan verbal.

2. pesan nonverbal menyampaikan makna dan maksud yang relatif bebas dari penipuan, distorsi dan keracunan. sehingga pesan nonverbal memiliki kesahihan (realiabilitas) tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kebenaran pesan" yang disampaikan.

3. pesan nonverbal mempunyai fungsi metakomunikatif yang sangat di perlukan untuk mencapai komunikasi yang berkualitas tinggi.

4. pesan nonverbal merupakan komunikasi yang lebih efisien dibandingkan dengan pesan verbal, karena pesan nonverbal tidak harus berfikir panjang dan para audiens dapat menangkap arti dengan cepat.

5. pesan nonverbal merupakan sarana sugesti yang paling tepat.

6. faktor" nonverbal sangat menentukan makna dalam komunikasi interpresional.

7. pesan nonverbal mempunyai fungsi repetisi, substitusi, kontradiksi, komplemen, dan aksentuasi.

**kekurangan komunikasi nonverbal:

1. pesan nonverbal jarang dapat di atur oleh komunikator secara sadar.

2. komunikasi nonverbal memiliki sifat yang kurang terencana atau terstruktur sehingga sulit dipelajari.

3. proses belajar yang dialami seseorang untuk melakukan perilaku nonverbal sulit dijelaskan.

komunikasi verbal merupakan bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis, walaupun pada umumnya komunikasi nonverbal memiliki sifat kurang terstrukstur sehingga menyebabkan sulit untuk dipelajari, seperti dalam memahami penggunaan bahasa isyarat, ekspresi wajah, gerakan tubuh, sandi, simbol", dan lain". dalam penyampaiannya komunikasi nonverbal disampaikan secara spontan tanpa memiliki rencana, dan bersifat alami, sehingga tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.

penjelasan :

MAAF JIKA SALAH

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh fitrianasalmin dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 29 Jul 21