2. Bapak Slamet Raharjo sbgai Kepala SMP Negeri Jurang Jero

Berikut ini adalah pertanyaan dari debbysyahfitri5 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Bapak Slamet Raharjo sbgai Kepala SMP Negeri Jurang Jero berkeinginan untk meningkatkan mutu sekolah. Beberapa perubahan yg dilakukan adalah sbb: - Bidang humas telah dilakukan perosantan dri wakit kpala Sekolah bidang humas dikarenalan wala to lama memasuki masa pensiun. - Bidang Kurtlulum telah dibuat standar operasional prosedur pembuatan perangkat pembelajarom, proses pembelajaran & laporan hasil belajar. Bidang keuangan telah dibuat standar operasional & prosedur pembelian barang at pengeluaran uang dana BOS Į spp. Kepala Sekolah melibatkan Wakil Kepsek, ketua program Keahlian pengurus komite dlm pembuatan program sekolah. Berdasarkan informasi tersebut. Anda diminta menilai penerapan kriterra sekolah efektif di SMPN Jero ditinjau dari perspektip transparansi, efisiensi, akuntabilitas obyektivitas, & keadilan !​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Mari kita analisis perubahan yang dilakukan:

  1. Delegasi Bidang Humas kepada penggantinya.
  2. Pembuatan prosedur standar operasional bidang kurikulum.
  3. Pembuatan prosedur standar operasional di bidang keuangan.  
  4. Dilibatkannya wakil Kepsek, ketua program keahlian dalam pembuatan program sekolah.

Dari segi transparansi dan akuntabilitas telah dilakukan dengan baik dalam kurikulum dan keuangan dengan cara dilakukan pembuatan prosedur standar operasional yang membuat semua orang bisa ikut mengawasi penggunaan keuangan yang ada.

Dari segi efisiensi, obyektifitas dan keadilan telah ada peningkatan dengan dilibatkannya wakil kepsek dan ketua program keahlian dalam pembuatan program sekolah. Juga segi efisiensi lainnya adalah adanya delegasi tugas kepada penerus berikutnya agar program bisa terus berjalan siapa pun yang menjalankannya.

Pembahasan

Sekolah efektifadalah sekolah yang mampu memanfaatkan semuasumber daya yang ada dengan efektif dan berdaya guna maksimal bagi kepentingan sekolah dan peserta didik dengan tercapinya prestasi maksimal dari peserta didiknya.

Contoh upaya menjadikan sebuah sekolah menjadi sekolah efektifadalah dengan beberapa langkah yang disebutkan di atas yang mencakuptransparansi, efiesiensi, akuntabilitas, obyektifitas dan keadilan.

Pelajari lebih lanjut

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh OmKalem dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke www.yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 16 Aug 22